Sistem Penilaian

Sasaran Kegiatan Belajar Mengajar adalah ketuntasan belajar siswa.  Menentukan ketuntasan belajar siswa yang disebut Kriteria Ketuntasan Minimal  (KKM), harus memperhatikan berbagai unsur. Sistem penilaian  terdiri dari 4 unsur yang saling berkaitan, yaitu :

  1. Nilai Harian ( NH ) adalah rata rata nilai dari : ulangan harian setiap satu Kompetensi Dasar ( KD ), ulangan blok ( lebih satu KD ), ulangan mid semester, ulangan semester / ulangan umum.
  2. Nilai Tugas-tugas / Porto Folio  ( TP ) yaitu tugas yang diberikan, baik di buku latihan ataupun di lembaran folio.
  3. Nilai Psikomotor  ( Ps )  adalah usaha nyata dari pengetahuan tertentu siswa dan tidak setiap kegiatan pelajaran memiliki nilai psikomotor.
  4. Nilai Afektif ( Af ) yang merupakan sikap dan prilaku, terutama saat KBM.

Penilaian dapat dilaksanakan setiap KD atau lebih dengan perolehan   sebagai berikut :

Nilai  KD  =   rata rata dari  ( NH  +  TP + Ps + Af ) dalam batas KD tersebut.

Jika nilai seorang siswa belum mencapai KKM dari suatu KD, maka siswa tersebut wajib remidial.

Nilai Rapor adalah rata-rata dari Nilai KD tersebut, dan suatu pelajaran dinyatakan tuntas, apabila mencapai KKM yang ditetapkan.

Semua nilai dimasukkan ke dalam komputer, sehingga perhitungan, merata-rata dan pembulatan untuk nilai RAPOR seluruhnya dilakukan secara komputerisasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: